Dunia

May 26, 2015

Misteri Ijazah


By on Tuesday, May 26, 2015


ijazah
Jika anda seorang Manager SDM, anda harus jeli untuk dapat membedakan ijazah asli mana ijazah palsu. Ketika anda sedang mencari karyawan baru dan menginformasikan kualifikasi karyawan yang dibutuhkan lewat berbagai macam media, maka mulai saat itu anda harus benar-benar selektif dalam setiap proses perekrutannya. Sebelumnya akan saya ilustrasikan salah satu contoh ancaman bagi perusahan anda.
Misalnya anda telah menerima banyak lamaran kerja dari banyak orang dan setiap pelamar kerja tersebut akan melampirkan berkas lamarannya sesuai dengan permintaan dari perusahaan yang biasanya terdiri dari surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, dan lain sebagainya. Tapi apakah anda yakin semua fotocopy ijazah yang mereka lampirkan itu dari ijazah yang sah dikeluarkan oleh instansi pendidikan?. Anda dapat memastikanya hanya dengan melihat ijazah aslinya.
Anda harus jeli, belum tentu setiap ijazah itu asli yang dikeluarkan oleh instansinya. Jika dalam hal ini anda memilih orang yang salah, maka akan berakibat buruk bagi perusahaan anda. Dalam tulisan saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membedakan ijazah asli atau palsu.
Ijazah Asli Atau Ijazah Palsu
Di zaman yang sudah sangat canggih ini, mendapatkan ijazah tanpa harus menyelesaikan sekolah maupun kuliah sudah sangat mudah didapat oleh berbagai kalangan di masyarakat dengan cara membuat ijazah palsu. Membuat ijazah dan menggunakan ijazah pasu ini adalah tindakan kejahatan yang melanggar hukum. Penggunaan Ijazah ijazah palsu bukanlah hal yang aneh lagi sekarang ini. Pembuat dan pengguna ijazah palsu akan mendapatkan sanksi yang terdapat pada pasal 263 dan 264 KUHP tentang pemalsuan data otentik. Namun sangat disayangkan, jumlah oknum yang menerima jasa pembutaan ijazah semakin banyak dan sangat sudah dapat ditemukan di dunia maya sekalipun. Mereka sering memasang iklan di berbagai situs internet untuk mendapatkan konsumen.
Cara membedakan ijazah asli atau palsu dapat dilakukan dengan memperhatikan form kertas ijazah. Form ijazah asli dikeluarkan oleh perusahaan kertas miliki negara setelah itu perum peruri ijazah dilengkapi dengan logo atau tanda khusus. Apakah hanya itu cara yang dapat dilakukan untuk membedakan ijazah asli atau palsu? Tentu tidak. Hologram yang menempel pada form kertas ijazah dapat anda perhatikan selanjutnya. Pada ijazah asli, hologram merupakan satu kesatuan dengan form kertas ijazah yang dikeluarkan oleh perum peruri sehingga sangat jelas pada ijazah palsu akan menggunakan hologram yang dibuat sendiri dengan cara ditempelkan pada pada bagian tertentu. Hingga saat ini, cara membedakan ijazah asli atau palsu pada stempel bukanlah hal yang tepat karena sangat sulit untuk membedakannya.
Perbedaan ijazah asli atau ijazah palsu dapat anda temukan dibagian-bagian yang telah saya bahas diatas. Semoga artikel yang saya tulis ini mengenai cara membedakan ijazah asli atau palsu dapat bermanfaat bagi anda.

sumber http://swadaya.ac.id/cara-membedakan-ijazah-asli-atau-palsu/

niema el clasico

Terimakasih Saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu apabila ada artikel yang salah atau kurang mohon di maafkan Saran dan kritik yang membangun kami persilahkan di kotak komentar Bagi temen yang mau tukeran link silahkan copy teks di bawah ini dan taruh di blog sobat

0 komentar:

Post a Comment