Dunia

October 25, 2012

Jama'ah yang menetapkan hari idul adha tanggal 25 Oktober 2012


By on Thursday, October 25, 2012

Jakarta Takbir dan tahmid dikumandangkan ratusan orang dalam sebuah rumah yang terletak di Jl Bugenvil RT 7/RW 6 Blok Z No 16, Jakarta Utara. Ya, Jamaah Dzikir Latiful Akbar sudah merayakan Idul Adha hari ini yang ditandai dengan gelaran ibadah Salat Id.

Tidak kurang dari 110 orang laki-laki maupun perempuan memenuhi lantai dasar dan dua di rumah salah satu jamaah itu. Pada pukul 07.00 WIB salat Id dimulai yang berlanjut dengan khutbah dengan bahasa arab setelahnya.

"Salat serentak jam 7.00 WIB. Ada di Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Malaysia, dan Singapura," tutur Ketua jamaah, Lazuardi, usai salat Id, Kamis (25/10/2012).

Usai salat, mereka juga memotong hewan kurban. Namun karena keterbatasan tempat, mereka memotongnya di tempat penjagalan, lalu dibagikan ke jamaah.

"Kurban tadi satu ekor sapi aja kita. Motongnya tadi setelah salat Id di penjagalan. Kita menyaksikan dan melihat saat pemotongan," katanya.

Terkait penyelenggaraan salat Id, Lazuardi tidak membeberkan alasannya dengan jelas. Dia hanya menjelaskan perhitungan kalender komariyah memang kerap berbeda.

"Kita kan salat Id dan yang lain-lain itu berdasarkan kalender komariyah. Itu digunakan bangsa Arab, Cina, dan Indonesia. Itu kan pada kenyataannya banyak perbedaan pelaksanaan. Kadang selisih satu hari, 2 hari," jelasnya.

"Landasan kita kan dari Alquran. Kalau mau tahu lebih banyak mending belajar bareng aja. Tidak cukup sehari 2 hari," tuturnya.

Lazuardi mengatakan, jamaahnya rutin kumpul tiap malam Jumat dan menggelar salat Jumat sendiri. Salat Jumat yang mereka laksanakan diisi dengan khutbah berbahasa Arab.

"MUI kan pernah menyatakan salat pake Bahasa Indonesia tidak betul. Sebenarnya kita pun seperti itu. Namun mereka tetap menggunakan Bahasa Indonesia yaitu saat khutbah. Khutbah itu kan merupakan rukun salat Jumat. Jadi tidak boleh pakai Bahasa Indonesia,' terangnya.

 Nur Khafifah - detikNews

niema el clasico

Terimakasih Saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu apabila ada artikel yang salah atau kurang mohon di maafkan Saran dan kritik yang membangun kami persilahkan di kotak komentar Bagi temen yang mau tukeran link silahkan copy teks di bawah ini dan taruh di blog sobat

0 komentar:

Post a Comment