Jualan Link, Prospek dan Tantangannya
By on December 17, 2012
Kalau dibawa dalam bahasa paling
sederhana, link (hyperlink) adalah sebuah atau sekelompok kata yang jika
diklik akan mengantar kita ke halaman, blog atau ke website lain.
Dengan kata lain link adalah petunjuk jalan atau pintu untuk masuk ke
tempat lain entah masih pada blog yang sama atau pada blog yang lain.
Dalam hal SEO maka sebuah website atau blog haruslah mempunyai link
ditempat lain (backlink) agar blog tersebut mudah ditemukan search
engine dan pencari informasi.
Dengan kenyataan ini maka penempatan link sebuah blog di tempat lain menjadi penting. Mengapa? Karena menempatkan sebuah link pada blog orang lain tidak bisa dilakukan begitu saja, artinya haruslah mendapat persetujuan pemilik blog. Seandainya link yang kita pasang pada blog lain yang dofollow maka kita mendapat 2 keuntungan yaitu backlink untuk traffic plus SEO dan berpengaruh positip terhadap kenaikan Page Rank blog. Tetapi jika blog tersebut nofollow maka keuntungan yang kita peroleh hanya traffic saja.
Dengan kenyataan ini maka penempatan link sebuah blog di tempat lain menjadi penting. Mengapa? Karena menempatkan sebuah link pada blog orang lain tidak bisa dilakukan begitu saja, artinya haruslah mendapat persetujuan pemilik blog. Seandainya link yang kita pasang pada blog lain yang dofollow maka kita mendapat 2 keuntungan yaitu backlink untuk traffic plus SEO dan berpengaruh positip terhadap kenaikan Page Rank blog. Tetapi jika blog tersebut nofollow maka keuntungan yang kita peroleh hanya traffic saja.
Dengan
alasan inilah orang biasanya berusaha mendapat backlink di tempat lain
entah pada pada blog dofollow atau pada blog nofollow sekalipun. Namun
harap dicatat bahwa memberi komentar pada blog lain jangan serta-merta
disamakan dengan pencari backlink.
Mendapat backlink dari tempat lain menjadi dua kali lebih penting terutama pada blog bisnis yang menjual produk dan blog PPC. Tujuan utamanya sangat jelas yaitu untuk mendapatkan traffic plus memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi. Disinilah letak peluang dan tantangannya dan itulah juga sebabnya jualan link menjadi semakin ramai.
Pertanyaannya adalah;
Mendapat backlink dari tempat lain menjadi dua kali lebih penting terutama pada blog bisnis yang menjual produk dan blog PPC. Tujuan utamanya sangat jelas yaitu untuk mendapatkan traffic plus memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi. Disinilah letak peluang dan tantangannya dan itulah juga sebabnya jualan link menjadi semakin ramai.
Pertanyaannya adalah;
- Bagaimana cara jualan link?
- Bagaimana syarat-syarat jualan link?
- Dimana kita bisa jual beli link?
Cara jualan link
sederhana saja yaitu pembeli link/advertiser akan membayar sejumlah
uang agar publisher bersedia memberikan backlink kepadanya. Artinya
publisher harus memasang link milik advertiser baik pada halaman depan
maupun sub halaman, tentu sesuai perjanjian awalnya. Nah karena
advertiser membayar sejumlah uang maka tentu tidak sembarang dia memesan
link artinya mereka pasti memesan link pada blog yang berkualitas
tertentu. Ada 4 syarat utama yang saya ketahui mengenai kriteria blog
publisher (ini relatif karena bisa berbeda pada setiap pembeli link)
yang sekaligus sebagai tantangan;
- Blog publisher haruslah menggunakan domain dan hosting berbayar
- Sudah ter-index oleh om Google
- Sudah memperoleh traffic minimal 20 per hari
- Minimal PR-1
Lalu bagaimana dengan yang gratisan? ada
tidak peluangnya? Anda bisa menggunakan domain gratis tetapi dengan
ekstensi .co.cc. Nah jika anda punya blog dengan ekstensi .co.cc dan
ber-page rank minimal 1, ambillah peluang ini.
Di backlinks[dot]com salah satu
contohnya dimana anda bisa jual beli link. Peluang utama terletak pada
tinggi rendahnya PR blog publisher artinya semakin besar PR dari blog
anda sebagai publisher maka akan semakin besar sewa link yang anda
dapatkan. Seberapa besar ? inilah data terakhir yang saya peroleh tgl
26 Mei 2009;
How much do I earn for each text link sold?
You will be paid the following monthly rates for text links sold on your web page(s). Rates are paid per month per text link.
- PageRank (PR) 1 homepage $.50 , subpage $.50
- PageRank (PR) 2 homepage $1 , subpage $1
- PageRank (PR) 3 homepage $2 , subpage $1.50
- PageRank (PR) 4 homepage $3 , subpage $2
- PageRank (PR) 5 homepage $4.50 , subpage $3.50
- PageRank (PR) 6 homepage $12.50 , subpage $10
- PageRank (PR) 7 homepage $30 , subpage $25
- PageRank (PR) 8 homepage $75 , subpage $5
Jika anda tertarik dengan peluang ini
tetapi belum punya blog sesuai persyaratan, masih ada cara lain yaitu
dengan membeli domain yang sudah punya PR minimal 1, silahkan mencoba.
Salam Sukses !
0 komentar:
Post a Comment